Selasa, 05 Mei 2020

Komunikasi Dalam Kelas Online: (Blog atau Chat)


Komunikasi Dalam Kelas Online: (Blog atau Chat)



A.   Sejarah Mengenai Lahirnya Komunikasi dalam Kelas Online
Berdasarkan sejarah dalam ilmu komunikasi, komunikasi dalam jaringan ini bermula pada tahun 1960 yang mana diuji coba pada penelitian oleh Universitas of Hawaii. Mereka memiliki kawasan yang luas, namun mereka ingin bisa berkomunikasi. Dengan begitu, timbullah ide untuk menghubungkan beberapa computer yang ada di kampus tersebut. Kemudian, Universitas of Hawaii mulai mengembangkan teknologi Ethenet alias perangkat komunikasi pada computer dengan nama ‘ALOHA’.
Dalam Ethertnet terdapat sebuah software yang mana software tersebut terdapat protocol dengan nama’ARPANET’ pada tahun 1969. Di mana istilah’arpanet’ mulai mengalami perkembangan hingga mengganti istilah menjadi ‘internet’ yang mana merupakan singkatan dari interconneter network, jika di bahasa Indonesiakan menjadi penghubung jaringan.
Pada tahun 1980-an, barulah komunikasi dalam jaringan atau komunikaasi daring mulai digunakan pada dunia pendidikan. Hingga muncul word wide web pada tahun 1990 sebagai pengenalan computer dalam dunia pendidikan.
B.   Pengertian Komunikasi dalam Kelas Online
Komunikasi Daring atau yang merupakan singkatan dari komunikasi dalam jaringan adalah cara komunikasi yang mana menyampaikan dan menerima pesan yang dilakukan dengan atau melalui jaringan internet. Komunikasi yang terjadi pada dunia semua bisa disebut dengan komunikasi di dunia maya atau juga cyberspace.
Warschauer, M. 2001 PP.207-212, definisi komunikasi daring mengarah pada membaca, menulis dan berkomunikasi dengan menggunkaan jaringan komputer.


C.   Komunikasi dalam Kelas Online
Salah satu aktivitas dalam pembelajaran online adalah komunikasi. Komunikasi dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Komunikasi terjadi antara fasilitator dengan peserta diklat, antar peserta, peserta dengan penyelenggara. Komunikasi tersebut dilakukan secara synchronous maupun asynchronous. Komunikasi terjadi secara synchronous apabila pihak-pihak yang berkomunikasi melakukan komunikasi pada waktu yang sama dengan lokasi yang sama atau berbeda.

1.      Forum Diskusi  

Forum diskusi merupakan fitur komunikasi yang utama dalam pembelajaran online. Melalui forum diskusi akan terjadi komunikasi interaktif antara fasilitator dengan peserta, antar fasilitator, antar peserta untuk tukar pengetahuan dan pengalaman atau sebagai sarana unjuk kerja peserta. Forum diskusi dapat digunakankan sebagai kanal komunikasi synchronous maupun asynchronous. Ada 4 tipe forum diskusi dalam Moodle, yaitu: 
1)      forum tunggal sederhana, yang mana fasilitator hanya membuat satu topik untuk dapat didiskusikan oleh setiap peserta.
2)      forum standar, yang mana setiap peserta dapat berpartisipasi baik membuat topik diskusi baru maupun menanggapi topik diskusi yang telah dibuat sebelumnya, baik yang dibuat peserta itu sendiri maupun topik diskusi yang dibuat oleh peserta yang lain.
3)      forum refleksi, yang mana setiap peserta hanya diberi satu kesempatan untuk membuat topik baru yang menjadi bahan diskusi, namun tidak ada batasan untuk menanggapi topik tersebut.
4)      forum tanya-jawab, yang mana fasilitator akan membuat suatu pertanyaan yang harus dijawab oleh setiap peserta tetapi tidak dapat melihat jawaban peserta yang lain.  
Untuk berpartisipasi dalam forum diskusi hendaknya peserta memperhatikan tipe forum yang hendak diikuti, sehingga peserta dapat menyesuaikan aktivitasnya. Forum diskusi mempunyai fitur-fitur sebagai berikut. 

1)      Tanya jawab  
Fitur tanya jawab merupakan fitur utama dari forum diskusi. Forum mempunyai bagian-bagian yang berfungsi untuk menuliskan judul maupun isi pertanyaan. 
2)      Melampirkan file 
Pengguna juga dapat melampirkan file dengan ukuran dan jumlah file yang dilampirkan mengikuti pengaturan oleh administrator sistem. 
3)      Melampirkan gambar/foto/ animasi/narasi 
Selain file, pengguna juga dapat melampirkan gambar/foto/animasi/narasi ke dalam forum diskusi melalui menu insert image. 
4)      Mengunggah video 
Di dalam forum diskusi juga dapat dilampirkan video, baik dengan cara melampirkan dalam bentuk file atau ditempel dengan mengambil alamat URL file video tersebut. 
5)      Equation  
Forum diskusi Moodle juga memfasilitasi penggunanya yang akan menyampaikan ide gagasannya dalam bentuk kalimat-kalimat matematika. Untuk menuliskan equation di dalam forum Moodle dapat dilakukan dengan tool dragmath atau menyisipkan kode latex ke dalam forum diskusi.
Dalam pembelajaran online, pemanfaatan forum diskusi antara lain untuk: 
      berkomunikasi menyampaikan ide, gagasan, pengalaman, 
      bertanya topik baru yang terkait dengan materi atau hal-hal yang mendukung pembelajaran, 
      memberi respon/jawaban terhadap topik atau pendapat orang lain. 
      saluran untuk mengumpulkan tugas peserta, 
      sebagai sarana unjuk kerja peserta dan penilaian oleh fasilitator. 

2.      Blog

Blog merupakan salah satu fitur komunikasi Moodle, di mana melalui blog pengguna sistem berbasis Moodle dapat menyampaikan ide, gagasan, pengalamannya untuk diketahui dan direspon orang lain. Setiap orang yang mempunyai hak akses di dalam sistem berbasis Moodle dapat memanfaatkan fitur blog tersebut. 
Konsep blog Moodle tidak berbeda dengan blog secara umum, di mana pengguna blog dapat menuliskan pengalamannya ke dalam blog tersebut dan orang lain membaca dan atau memberikan respon. Blog Moodle juga dapat terhubung dengan penyedia layanan blog di luar Moodle seperti Wordpress, blogspot, dan lainlain sehingga apabila seseorang sudah mempunyai blog di luar Moodle dapat menghubungkan blog tersebut dengan blog Moodle sehingga isi blog di luar Moodle dapat otomatis masuk ke dalam blog Moodle.
Dalam proses pembelajaran diklat blog dapat dimanfaatkan oleh penggunanya sebagai sarana untuk mengekspresikan pengalaman pembelajaran yang telah dialaminya. Blog merupakan jurnal belajar yang tidak terstruktur untuk menyampaikan ide, pengalaman, refleksi pembelajaran penggunanya. Setiap hari peserta diklat dapat menuliskan pengalaman belajarnya, baik yang menyenangkan atau yang tidak menyenangkan sehingga fasilitator mengetahui minat peserta terhadap materi yang disampaikan. Melalui blog juga peserta diklat dapat menyampaikan permasalahan, masukan, respon atau umpan balik terhadap materi yang baru saja dipelajari. Blog juga dapat berfungsi sebagai forum diskusi di mana seseorang menyampaikan topik atau idenya dan orang lain dapat merespon topik tersebut.

3.      Messege 

Moodle juga mempunyai kanal komunikasi dalam bentuk message atau pesan. Message di Moodle dapat dimanfaatkan untuk komunikasi synchronous maupun asynchronous. Message Moodle dapat dalam bentuk percakapan antar individu atau pesan pemberitahuan tentang tugas, forum atau aktivitas lainnya. Informasi di dalam message ditujukan pada individu tertentu, tidak dalam bentuk siaran/broadcast.

4.      Chat

Chat merupakan aktivitas di Moodle yang dapat digunakan untuk komunikasi synchronous. Pengguna dapat melakukan percakapan secara real time dengan pengguna lain yang berada di dalam sistem. Dalam pembelajaran diklat, chat dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal berikut: 
1)      percakapan secara langsung antara peserta dan fasilitator secara khusus, misalnya peserta berkonsultasi ke fasilitator atau fasilitator menyampaikan pesan-pesan khusus kepada peserta.
2)      percakapan langsung secara intens antar peserta untuk penyelesaian tugas bersama.

D.   Fungsi Komunikasi Dalam Kelas Online
a.   Informasi, komunikasi membantu proses penyampaian informasi yang diperlukan individu dan kelompok untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data dan menilai pilihan-pilihan alternatif.
b.     Kendali, komunikasi bertindak untuk mengendalikan perilaku anggota dalam beberapa cara.
c.      Motivasi, komunikasi membantu perkembangan motivasi.
d. Pengungkap Emosional, bagi sebagian komunitas, mereka memerlukan interaksi sosial, komunikasi yang terjadi di dalam komunitas itu merupakan cara anggota untuk menunjukkan kekecewaan dan rasa puas.
e.      Penghemat waktu, komuniksi efisien untuk dilakukan.
f.  Penghemat biaya, dengan harga kuota internet yang lebih murah, sangat membantu sekali komunikasi daring berjalan.
g.  Dilakukan dimana saja, artinya baik di pagi hari, siang, sore, malam tidak ada masalah jika melakukan komunikasi daring.
h.    ilmu teknologi, komunikasi daring bermula dari ilmu pendidikan yang ketika itu dijadikan bahan penelitian.
i.     Intensitas komunikasi, kemudahan berkomunikasi menjadikan intensitas komunikasi bertambah tanpa adanya batasan.
j.    Partisipasi, komuniksi daring menjadi peningkatan partisipasi dalam arti menambah individu atau kelompok dalam proses komunikasi.
k.   Kontrol, proses komunikasi juga bisa diawasi Menteri Komunikasi sebagai badan pengawasan komunikasi dalam negeri.
l.  Dorongan, misalnya seorang penulis yang terdorong menulis tulisan yang berguna karena mudahnya akses.
m. Penyalur ide,  tulisan pada jaringan internet dapat menjadi sumber ide untuk individu yang membacanya.
n.  Sosialitas, misalnya facebook yang merupakan media komunikasi social yang bisa membantu dalam melakukan kegiatan social.

o.  Fungsi Negara, komunikasi daring membantu pemerintahan dalam penyampaian informasi kepada public.

E.    Tujuan Komunikasi Dalam Kelas Online
1)      Berbagi sumber daya
2)      Media komunikasi
3)      Integrasi data
4)      Keamanan data
5)      Efisiensi waktu
6)      Efisiensi biaya
7)      Pengembangan dan pemeliharaan
8)      Sebagai control
9)      Menjadikan mudah pengelolaan
10)  Bisa dikendalikan jarak jauh
11)  Peningkatan intensitas komunikasi
12)  Peningkatan partisipasi komunikasi
13)  Memberikan informasi
14)  Web browsing

F.    Manfaat Komunikasi Dalam Kelas Online
1)      Menjadi suatu sarana komunikasi
2)      Menjadi suatu sarana E-Commerce (perdagangan online), E-Learning ( pembelajaran online), dan E-Banking (perbankan online)
3)      Menjadi suatu sarana riset
4)      Menjadikan mudah peserta didik dan guru dalam melakukan interaksi dan berkomunikasi
5)      Akses pada informasi yang berada pada tempat yang jauh
6)      Menjadi suatu media hiburan interaktif

G.   Jenis Komunikasi Dalam Kelas Online
Terdapat 2 (dua) jenis komunikasi, sebagai berikut :
1)      Komunikasi lisan atau verbal,yaitu komunikasi menggunakan kata- kata, baik hal itu diucapkan, maupun ditulis.
2)      Komunikasi nirkata atau nonverbalyaitu komunikasi menggunakan bahasa tubuh, bahasa gerak atau gerak isyarat (gesture), atau gambar.

H.   Komponen Komunikasi Dalam Kelas Online
1)      Perangkat keras atau hardware adalah perangkat keras yang bisa dilihat dan diraba manusia secara langsung, misalnya computer, headset, dan perangkat pendukung koneksi internet lainnya.
2)      Perangkat lunak atau software adalah program computer yang mempunyai fungsi melakukan pekerjaan yang diinginkan. Misalnya skype, facebook.
3)      Perangkat nalar/akal atau brainware adalah manusia yang ikut serrta dalam pemakaian dan pengaturan hardware dan software untuk menjalankan komunikasi daring

I.       Keunggulan dan Kelemahan Komunikasi Dalam Kelas Online
1.      Keunggulan Komunikasi Daring
Komunikasi daring memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan komunikasi konvensional, antara lain sebagai berikut :
1)      Dapat dilakukan kapan saja di mana saja
2)      Efisiensi biaya
3)      Efisiensi waktu
4)      Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya
5)      Meningkatkan intensitas berkomunikasi
6)      Meningkatkan partisipasi

2.      Kelemahan Komunikasi Daring
Selain keunggulan, komunikasi daring juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain sebagai berikut :
1)      Tidak mewakili emosi pengguna
2)      Memerlukan perangkat khusus
3)      Terlalu banyak informasi yang tidak penting
4)      Menyita konsentrasi

J.      Blog
Blog merupakan singkatan dari web log yaitu suatu bentuk aplikasi web berupa aneka macam konten atau tulisan-tulisan yang bisa dipublikasi (posting) pada sebuah halaman web umum (template blog). Tulisan-tulisan dalam sebuah web seringkali diurutkan dari postingan yang terbaru lalu postingan yang lama. Meskipun tidak selamanya demikian, tergantung bagaimana pengguna mengaturnya di bagian sidebar.
Situs web seperti ini biasanya bisa diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan pembahasan yang diperlukan dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Pengunjung web biasanya datang karena menuliskan suatu kata kunci tertentu (keyword) pada halaman pencarian Google, Yahoo, Bing atau search engine lainnya. Jika web kita berada di posisi nomor satu atau berada di halaman satu Google (atau mesin pencari lainnya), maka potensi untuk dikunjungi semakin besar.
Manfaat Blog:
1)      Berbagi Pengetahuan
2)      Mengasah kemampuan menulis
3)      Belajar menghasilkan uang secara online
4)      Membangun jaringan
5)      Menjual produk
6)      Pekerjaan yang lebih baik
7)      Untuk bisnis
8)      Membangun kepercayaan
9)      Dapat lebih banyak calon pelanggan
Sumber :
https://rejekinomplok.net/pengertian-blog/, diakses pada tanggal Selasa, 5 Mei 2020 Pukul 19:30 WIB.
BAHAN AJAR_E-Learning BAB VI KOMUNIKASI DALAM KELAS ONLINE


6 komentar:

  1. Saya Tantri Widyastuti nim 1401418183. Materi tentang komunikasi dalam kelas online yang diposting oleh mbak rossa dalam blognya sangat bermanfaat bagi kita . Apalagi mengenai blog yang menjadi media informasi online yang bisa membantu masyarakat mencari info yang di inginkan. Terima kasih

    BalasHapus
  2. Saya Vera Dwi Setiati 1401418161

    Saya setuju dengan postingan blog Yusrotul Rosa, karena dalam komunikasi kelas online sangatlah penting, aplagi kita sebagai mahasiswa sekarang sedang memakai blog untuk menunjang pembelajaran secara daring. Dan blog juga memiliki banyak manfaat termasuk untuk bertukar informasi dan pengetahuan serta mengasah kemampuan menulis.

    Terima kasih

    BalasHapus
  3. Saya Muhammad Misbachul Munir Nim 1401418184, saya setuju dengan isi dari tulisan ini. Komunikasi online memang sengat berguna.

    BalasHapus
  4. Saya Dina Sri Puspitasari
    Nim 1401418172

    Saya setuju dengan postingan blognya Rosa, komunikasi kelas online dapat memberikan kemudahan bagi penggunanya. Di dalam blog ini juga terdapat banyak informasi mengenai komunikasi kelas online yang berguna bagi pembaca terutama pelajar yang sedang berada di situasi lockdown seperti sekarang ini.

    BalasHapus
  5. Eva Hadiyati Erviana
    1401418173
    Saya setuju dengan pendapat dari Yusrotul Rosa Delima, dengan adanya komunikasi kelas online sangat berguna bagi proses pembelajaran. Apalagi dengan kondisi saat ini dengan adanya komunikasi kelas online atau pembelajaran daring sangat membantu dan memberi kemudahan dalam proses pembelajaran. Salah satu manfaat dari blog untuk pendidikan dapat mempermudah mendapatkan maupun membagi informasi

    BalasHapus
  6. Zinni Fitriasih
    1401418198
    Saya setuju dengan postingan blog Yusrotul mengenaimanfaat blog salah satunya membangun kepercayaan diri, dari hal tersebut kita yang dalam dunia nyata dianggap diam atau kurang percaya diri dengan adanya blog menuangkan swgala tulisan yang positif dan juga bermanfaat bagi yang lainnya hal ini membangun kepercayaandiri.

    BalasHapus

Komunikasi Dalam Kelas Online: (Blog atau Chat)

Komunikasi Dalam Kelas Online: (Blog atau Chat) A.    Sejarah Mengenai Lahirnya Komunikasi dalam Kelas Online Berdasarkan sejar...