Komunikasi Dalam
Kelas Online: (Blog atau Chat)
A.
Sejarah Mengenai Lahirnya Komunikasi dalam Kelas
Online
Berdasarkan sejarah dalam ilmu
komunikasi, komunikasi dalam jaringan ini bermula pada tahun 1960 yang mana diuji
coba pada penelitian oleh Universitas of Hawaii. Mereka memiliki kawasan yang
luas, namun mereka ingin bisa berkomunikasi. Dengan begitu, timbullah ide untuk
menghubungkan beberapa computer yang ada di kampus tersebut. Kemudian,
Universitas of Hawaii mulai mengembangkan teknologi Ethenet alias perangkat
komunikasi pada computer dengan nama ‘ALOHA’.
Dalam Ethertnet terdapat sebuah software
yang mana software tersebut terdapat protocol dengan nama’ARPANET’ pada tahun
1969. Di mana istilah’arpanet’ mulai mengalami perkembangan hingga mengganti
istilah menjadi ‘internet’ yang mana merupakan singkatan dari interconneter
network, jika di bahasa Indonesiakan menjadi penghubung jaringan.
Pada tahun 1980-an, barulah komunikasi
dalam jaringan atau komunikaasi daring mulai digunakan pada dunia pendidikan. Hingga
muncul word wide web pada tahun 1990 sebagai pengenalan computer dalam dunia
pendidikan.
B.
Pengertian Komunikasi dalam Kelas Online
Komunikasi Daring atau yang merupakan singkatan dari
komunikasi dalam jaringan adalah cara komunikasi yang mana menyampaikan dan
menerima pesan yang dilakukan dengan atau melalui jaringan
internet. Komunikasi yang terjadi pada dunia semua bisa disebut dengan
komunikasi di dunia maya atau juga cyberspace.
Warschauer, M. 2001
PP.207-212, definisi
komunikasi daring mengarah pada membaca, menulis dan berkomunikasi dengan
menggunkaan jaringan komputer.
C. Komunikasi dalam Kelas Online
Salah satu aktivitas dalam pembelajaran online
adalah
komunikasi. Komunikasi dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Komunikasi
terjadi antara fasilitator dengan peserta diklat, antar peserta, peserta dengan
penyelenggara. Komunikasi tersebut dilakukan secara synchronous maupun
asynchronous. Komunikasi terjadi
secara synchronous apabila pihak-pihak
yang berkomunikasi melakukan komunikasi pada waktu yang sama dengan lokasi yang
sama atau berbeda.
1. Forum Diskusi
Forum diskusi merupakan fitur komunikasi
yang utama dalam pembelajaran online. Melalui
forum diskusi akan terjadi komunikasi interaktif antara fasilitator dengan
peserta, antar fasilitator, antar peserta untuk tukar pengetahuan dan
pengalaman atau sebagai sarana unjuk kerja peserta. Forum diskusi dapat
digunakankan sebagai kanal komunikasi synchronous maupun
asynchronous. Ada 4 tipe forum
diskusi dalam Moodle, yaitu:
1) forum
tunggal sederhana, yang mana fasilitator hanya membuat satu topik untuk dapat
didiskusikan oleh setiap peserta.
2) forum
standar, yang mana setiap peserta dapat berpartisipasi baik membuat topik
diskusi baru maupun menanggapi topik diskusi yang telah dibuat sebelumnya, baik
yang dibuat peserta itu sendiri maupun topik diskusi yang dibuat oleh peserta
yang lain.
3) forum
refleksi, yang mana setiap peserta hanya diberi satu kesempatan untuk membuat
topik baru yang menjadi bahan diskusi, namun tidak ada batasan untuk menanggapi
topik tersebut.
4) forum
tanya-jawab, yang mana fasilitator akan membuat suatu pertanyaan yang harus
dijawab oleh setiap peserta tetapi tidak dapat melihat jawaban peserta yang
lain.
Untuk berpartisipasi dalam forum diskusi
hendaknya peserta memperhatikan tipe forum yang hendak diikuti, sehingga
peserta dapat menyesuaikan aktivitasnya. Forum diskusi mempunyai fitur-fitur
sebagai berikut.
1) Tanya
jawab
Fitur tanya jawab merupakan fitur utama
dari forum diskusi. Forum mempunyai bagian-bagian yang berfungsi untuk
menuliskan judul maupun isi pertanyaan.
2) Melampirkan
file
Pengguna juga dapat melampirkan file
dengan ukuran dan jumlah file yang dilampirkan mengikuti pengaturan oleh
administrator sistem.
3) Melampirkan
gambar/foto/ animasi/narasi
Selain file, pengguna juga dapat
melampirkan gambar/foto/animasi/narasi ke dalam forum diskusi melalui menu insert
image.
4) Mengunggah
video
Di dalam forum diskusi juga dapat
dilampirkan video, baik dengan cara melampirkan dalam bentuk file atau ditempel
dengan mengambil alamat URL file video tersebut.
5) Equation
Forum diskusi Moodle juga memfasilitasi
penggunanya yang akan menyampaikan ide gagasannya dalam bentuk kalimat-kalimat
matematika. Untuk menuliskan equation di
dalam forum Moodle dapat dilakukan dengan tool dragmath
atau menyisipkan kode latex ke dalam forum diskusi.
Dalam pembelajaran online,
pemanfaatan
forum diskusi antara lain untuk:
•
berkomunikasi menyampaikan ide, gagasan,
pengalaman,
•
bertanya topik baru yang terkait dengan
materi atau hal-hal yang mendukung pembelajaran,
•
memberi respon/jawaban terhadap topik
atau pendapat orang lain.
•
saluran untuk mengumpulkan tugas
peserta,
•
sebagai sarana unjuk kerja peserta dan
penilaian oleh fasilitator.
2. Blog
Blog merupakan salah satu fitur komunikasi Moodle,
di mana melalui blog pengguna sistem berbasis Moodle dapat menyampaikan ide,
gagasan, pengalamannya untuk diketahui dan direspon orang lain. Setiap orang
yang mempunyai hak akses di dalam sistem berbasis Moodle dapat memanfaatkan
fitur blog tersebut.
Konsep blog Moodle tidak berbeda dengan blog secara
umum, di mana pengguna blog dapat menuliskan pengalamannya ke dalam blog
tersebut dan orang lain membaca dan atau memberikan respon. Blog Moodle juga
dapat terhubung dengan penyedia layanan blog di luar Moodle seperti Wordpress,
blogspot, dan lainlain sehingga apabila seseorang sudah mempunyai blog di luar
Moodle dapat menghubungkan blog tersebut dengan blog Moodle sehingga isi blog
di luar Moodle dapat otomatis masuk ke dalam blog Moodle.
Dalam proses pembelajaran diklat blog dapat
dimanfaatkan oleh penggunanya sebagai sarana untuk mengekspresikan pengalaman
pembelajaran yang telah dialaminya. Blog merupakan jurnal belajar yang tidak
terstruktur untuk menyampaikan ide, pengalaman, refleksi pembelajaran
penggunanya. Setiap hari peserta diklat dapat menuliskan pengalaman belajarnya,
baik yang menyenangkan atau yang tidak menyenangkan sehingga fasilitator
mengetahui minat peserta terhadap materi yang disampaikan. Melalui blog juga
peserta diklat dapat menyampaikan permasalahan, masukan, respon atau umpan
balik terhadap materi yang baru saja dipelajari. Blog juga dapat berfungsi
sebagai forum diskusi di mana seseorang menyampaikan topik atau idenya dan
orang lain dapat merespon topik tersebut.
3. Messege
Moodle juga mempunyai kanal komunikasi
dalam bentuk message atau
pesan. Message di Moodle dapat dimanfaatkan untuk
komunikasi synchronous maupun asynchronous.
Message Moodle dapat dalam bentuk
percakapan antar individu atau pesan pemberitahuan tentang tugas, forum atau
aktivitas lainnya. Informasi di dalam message ditujukan
pada individu tertentu, tidak dalam bentuk siaran/broadcast.
4. Chat
Chat merupakan aktivitas di Moodle yang
dapat digunakan untuk komunikasi synchronous. Pengguna dapat melakukan
percakapan secara real time dengan
pengguna lain yang berada di dalam sistem. Dalam pembelajaran diklat, chat
dapat
dimanfaatkan untuk beberapa hal berikut:
1) percakapan
secara langsung antara peserta dan fasilitator secara khusus, misalnya peserta
berkonsultasi ke fasilitator atau fasilitator menyampaikan pesan-pesan khusus
kepada peserta.
2) percakapan
langsung secara intens antar peserta untuk penyelesaian tugas bersama.
D.
Fungsi Komunikasi Dalam Kelas
Online
a. Informasi, komunikasi
membantu proses penyampaian informasi yang diperlukan individu dan kelompok
untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data dan menilai pilihan-pilihan
alternatif.
b. Kendali, komunikasi bertindak
untuk mengendalikan perilaku anggota dalam beberapa cara.
c. Motivasi, komunikasi membantu
perkembangan motivasi.
d. Pengungkap Emosional, bagi sebagian
komunitas, mereka memerlukan interaksi sosial, komunikasi yang terjadi di dalam
komunitas itu merupakan cara anggota untuk menunjukkan kekecewaan dan rasa
puas.
e. Penghemat waktu, komuniksi
efisien untuk dilakukan.
f. Penghemat biaya, dengan harga kuota
internet yang lebih murah, sangat membantu sekali komunikasi daring berjalan.
g. Dilakukan dimana saja, artinya baik di
pagi hari, siang, sore, malam tidak ada masalah jika melakukan komunikasi
daring.
h. ilmu teknologi, komunikasi daring bermula
dari ilmu pendidikan yang ketika itu dijadikan bahan penelitian.
i. Intensitas komunikasi, kemudahan berkomunikasi menjadikan
intensitas komunikasi bertambah tanpa adanya batasan.
j. Partisipasi, komuniksi daring menjadi peningkatan partisipasi dalam arti
menambah individu atau kelompok dalam proses komunikasi.
k. Kontrol, proses komunikasi
juga bisa diawasi Menteri Komunikasi sebagai badan pengawasan komunikasi dalam
negeri.
l. Dorongan, misalnya seorang penulis yang terdorong menulis tulisan yang berguna
karena mudahnya akses.
m. Penyalur
ide, tulisan pada jaringan internet dapat menjadi sumber ide untuk
individu yang membacanya.
n. Sosialitas, misalnya facebook
yang merupakan media komunikasi social yang bisa membantu dalam melakukan
kegiatan social.
o. Fungsi Negara, komunikasi daring
membantu pemerintahan dalam penyampaian informasi kepada public.
E.
Tujuan Komunikasi Dalam Kelas Online
1) Berbagi sumber daya
2) Media komunikasi
3) Integrasi data
4) Keamanan data
5) Efisiensi waktu
6) Efisiensi biaya
7) Pengembangan dan
pemeliharaan
8) Sebagai control
9) Menjadikan mudah
pengelolaan
10) Bisa dikendalikan
jarak jauh
11) Peningkatan intensitas
komunikasi
12) Peningkatan
partisipasi komunikasi
13) Memberikan informasi
14) Web browsing
F.
Manfaat Komunikasi Dalam Kelas Online
1) Menjadi suatu sarana
komunikasi
2) Menjadi suatu sarana
E-Commerce (perdagangan online), E-Learning ( pembelajaran online), dan
E-Banking (perbankan online)
3) Menjadi suatu sarana
riset
4) Menjadikan mudah
peserta didik dan guru dalam melakukan interaksi dan berkomunikasi
5) Akses pada informasi
yang berada pada tempat yang jauh
6) Menjadi suatu media
hiburan interaktif
G.
Jenis Komunikasi Dalam Kelas Online
Terdapat 2 (dua) jenis komunikasi, sebagai
berikut :
1) Komunikasi lisan atau
verbal,yaitu komunikasi menggunakan kata- kata, baik hal itu diucapkan, maupun
ditulis.
2) Komunikasi nirkata
atau nonverbalyaitu komunikasi menggunakan bahasa tubuh, bahasa gerak atau
gerak isyarat (gesture), atau gambar.
H.
Komponen Komunikasi Dalam Kelas Online
1) Perangkat keras atau
hardware adalah perangkat keras yang bisa dilihat dan diraba manusia secara
langsung, misalnya computer, headset, dan perangkat pendukung koneksi internet
lainnya.
2) Perangkat lunak atau
software adalah program computer yang mempunyai fungsi melakukan pekerjaan yang
diinginkan. Misalnya skype, facebook.
3) Perangkat
nalar/akal atau brainware adalah manusia yang ikut serrta dalam pemakaian dan
pengaturan hardware dan software untuk menjalankan komunikasi daring
I.
Keunggulan dan Kelemahan Komunikasi Dalam
Kelas Online
1. Keunggulan Komunikasi
Daring
Komunikasi
daring memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan komunikasi
konvensional, antara lain sebagai berikut :
1)
Dapat dilakukan kapan saja di mana saja
2)
Efisiensi biaya
3)
Efisiensi waktu
4)
Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya
5)
Meningkatkan intensitas berkomunikasi
6)
Meningkatkan partisipasi
2. Kelemahan Komunikasi
Daring
Selain
keunggulan, komunikasi daring juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain
sebagai berikut :
1)
Tidak mewakili emosi pengguna
2)
Memerlukan perangkat khusus
3)
Terlalu banyak informasi yang tidak penting
4)
Menyita konsentrasi
J.
Blog
Blog merupakan singkatan dari web log yaitu suatu bentuk aplikasi web berupa
aneka macam konten atau tulisan-tulisan yang bisa dipublikasi (posting) pada
sebuah halaman web umum (template blog). Tulisan-tulisan
dalam sebuah web seringkali diurutkan dari postingan yang terbaru lalu
postingan yang lama. Meskipun tidak selamanya demikian, tergantung bagaimana
pengguna mengaturnya di bagian sidebar.
Situs web seperti ini biasanya bisa diakses oleh semua pengguna
internet sesuai dengan pembahasan yang diperlukan dan tujuan dari si pengguna
blog tersebut. Pengunjung web biasanya datang karena menuliskan suatu kata
kunci tertentu (keyword) pada
halaman pencarian Google, Yahoo, Bing atau search engine lainnya. Jika web kita
berada di posisi nomor satu atau berada di halaman satu Google (atau mesin
pencari lainnya), maka potensi untuk dikunjungi semakin besar.
Manfaat Blog:
1) Berbagi Pengetahuan
2) Mengasah kemampuan menulis
3) Belajar menghasilkan uang secara
online
4) Membangun jaringan
5) Menjual produk
6) Pekerjaan yang lebih baik
7) Untuk bisnis
8) Membangun kepercayaan
9) Dapat lebih banyak calon pelanggan
Sumber :
https://www.seputarpengetahuan.co.id/2020/03//komunikasi-daring.html#Fungsi_Komunikasi_Daring, diakses pada tanggal
Selasa, 5 Mei 2020 Pukul 19:30 WIB.
https://rejekinomplok.net/pengertian-blog/,
diakses pada tanggal
Selasa, 5 Mei 2020 Pukul 19:30 WIB.
BAHAN AJAR_E-Learning BAB VI KOMUNIKASI
DALAM KELAS ONLINE
Saya Tantri Widyastuti nim 1401418183. Materi tentang komunikasi dalam kelas online yang diposting oleh mbak rossa dalam blognya sangat bermanfaat bagi kita . Apalagi mengenai blog yang menjadi media informasi online yang bisa membantu masyarakat mencari info yang di inginkan. Terima kasih
BalasHapusSaya Vera Dwi Setiati 1401418161
BalasHapusSaya setuju dengan postingan blog Yusrotul Rosa, karena dalam komunikasi kelas online sangatlah penting, aplagi kita sebagai mahasiswa sekarang sedang memakai blog untuk menunjang pembelajaran secara daring. Dan blog juga memiliki banyak manfaat termasuk untuk bertukar informasi dan pengetahuan serta mengasah kemampuan menulis.
Terima kasih
Saya Muhammad Misbachul Munir Nim 1401418184, saya setuju dengan isi dari tulisan ini. Komunikasi online memang sengat berguna.
BalasHapusSaya Dina Sri Puspitasari
BalasHapusNim 1401418172
Saya setuju dengan postingan blognya Rosa, komunikasi kelas online dapat memberikan kemudahan bagi penggunanya. Di dalam blog ini juga terdapat banyak informasi mengenai komunikasi kelas online yang berguna bagi pembaca terutama pelajar yang sedang berada di situasi lockdown seperti sekarang ini.
Eva Hadiyati Erviana
BalasHapus1401418173
Saya setuju dengan pendapat dari Yusrotul Rosa Delima, dengan adanya komunikasi kelas online sangat berguna bagi proses pembelajaran. Apalagi dengan kondisi saat ini dengan adanya komunikasi kelas online atau pembelajaran daring sangat membantu dan memberi kemudahan dalam proses pembelajaran. Salah satu manfaat dari blog untuk pendidikan dapat mempermudah mendapatkan maupun membagi informasi
Zinni Fitriasih
BalasHapus1401418198
Saya setuju dengan postingan blog Yusrotul mengenaimanfaat blog salah satunya membangun kepercayaan diri, dari hal tersebut kita yang dalam dunia nyata dianggap diam atau kurang percaya diri dengan adanya blog menuangkan swgala tulisan yang positif dan juga bermanfaat bagi yang lainnya hal ini membangun kepercayaandiri.