Senin, 30 Maret 2020

Menganalisis Pemanfaatan Media Sosial untuk Pembelajaran

1.    Facebook
Facebook adalah salah satu dari sekian banyak Social Network atau Situs Jejaring Sosial yang ada di jagad web. 
1)      Facebook Group
Digunakan untuk sarana diskusi ketika mendapat materi pembelajaran dari guru.
2)      Facebook Share
Ini merupakan fitur dasar di situs tersebut. Fitur ini bisa digunakan sebagai sarana untuk membantu pembelajaran dengan cara siswa maupun guru membagikan tulisan singkat, link, gambar, atau video ke pengguna lain.
3)      Facebook Quiz
Fasilitas ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran karena memungkinkan pengguna untuk membuat kuis sendiri dengan mudah. Guru dapat menggunakan fasilitas ini untuk memberikan tes pada siswa atau dapat digunakan untuk kompetisi antar kelompok belajar dalam kelas.
4)      Facebook Note
Fitur ini memungkinkan guru untuk memunculkan topik diskusi tertentu melalui tulisan berbentuk note atau catatan yang menyerupai penulisan blog. Siswa juga dapat diberi tugas untuk menulis note mengenai topik tertentu sesuai dengan pokok pembelajaran yang sedang dibahas. Pengguna juga dapat men-tag atau menandai akun pengguna lain sehingga dapat memancing diskusi antara guru dan peserta didik maupun antar peserta didik itu sendiri.

            Kelebihan :
a.       Sebagai Tempat Belajar.
b.      Tempat diskusi, salah satu fitur di situs jejaring sosial ini adalah group, yang berfungsi seperti forum.
c.       Tempat memberi materi kepada siswa dengan mudah.
d.      Praktis dalam melakukan pembelajaran

Kekurangan :
a.       Dapat Menghabiskan uang Anda.
b.      Membuat siswa kadang tidak mengerjakan tugas tapi melihat hal lain di facebook.



Contoh penerapan dalam pembelajaran SD/SMP:
Membuat forum diskusi dalam facebook untuk pembelajaran untuk memperdalam materi yang telah diberikan oleh guru dengan cara berdiskusi kembali dalam forum diskusi facebook. Tanpa haru memakan waktu yang lama. Selain itu, bisa digunakan sebagai tempat mengumpulkan tugas dalam bentu softfile.
2.     Whatsapp
WhatsApp merupakan sebuah aplikasi perpesanan (messenger) instan dan lintas platform pada smartphone yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima pesan seperti SMS tanpa menggunakan pulsa melainkan koneksi internet.
Fitur untuk pembelajaran yaitu dengan membuat group chat kemudian mengundang para partisipan masuk ke grup maka kelas pun dapat dimulai.
Kelebihan :
a.       Cara penggunaannya mudah.
b.      Menggunakan koneksi internet.
c.       Dapat membatalkan pengiriman pesan, dengan itu saat diskusi ketika kita salah mengirim pesan dapat kita hapus tanpa mengganggu diskusi.
Kekurangan:
a.       Boros kuota
b.      Harus menggunakan koneksi internet yang kuat
c.       Tidak bisa menggunakan video call untuk orang banyak sehingga dalam diskusi ketika ingin tatap muka langsung dalam forum kelas yang banyak tidak bisa.
Contoh penerapan dalam pembelajaran SD/SMP
Guru dapat mengirim tugas kedalam grup chat dengan mudah. Selain itu, dalam masalah sekarang ketika harus sekolah melalui online bisa cek kehadiran dengan melihat siapa saja yang telah aktif dalam diskusi atau melalui info dalam chat yang dikirim guru.


3.     Pemanfaatan Youtube
Youtube adalah sebuah website untuk berbagi video ataupun menonton video yang dibagikan oleh berbagai pihak. Banyak sekali yang bisa kita temukan di Youtube, mulai dari Vlog keseharian, tutorial, hiburan, trailer film, video klip musik dan masih banyak lagi.
Dengan youtube kita dapat melihat video pembelajaran yang telah diunggah orang lain untuk dipelajari oleh siswa. Selain itu, guru dapat mengunduh video dengan maksud memberi variasi dalam pembelajaran agar siswa tidak bosan dan dapat belajar secara mandiri dari tanyangan video yang di berikan oleh guru.
            Kelebihan :
a.       Menjadi sumber informasi berbagai pihak.
b.      Materi yang diperlukan guru banyak dijumpai.
c.       Banyak video yang menarik untuk pembelajaran.
Kekurangan :
a.       Boros kuota.
b.      Kadang materi yang diperlukan tidak sesuai dengan video yang di unduh, sehingga guru harus pintar dalam memilih video.
c.       Kualitas video yang terkadang tidak terlalu bagus.
Contoh penerapan di SD/SMP
Guru menayangkan video untuk memperjelas apa yang telah disampaikan sebelumnya atau menambahkan contoh yang belum disebutkan oleh guru. Sehingga siswa tahu lebih banyak tentang materi yang telah di berikan guru.
4.     Twitter
Twitter adalah sebuah jaringan informasi yang terdiri dari pesan 140 karakter yang disebut Tweet. Ini adalah sebuah cara baru yang mudah untuk menemukan berita terbaru atau apa yang sedang terjadi terutama yang berkaitan dengan hal-hal yang Anda gemari.
Dengan twitter pengajar akan mudah untuk  berbagi  link,  berkomunikasi,  dan mengembangkan hubungan  dengan orang lain,  sehingga mengembangkan jaringan  dan meningkatkan  jangkauan komunikasi. Beberapa contoh fungsi twitter dalam proses pendidikan antara lain, dalam sisi komunikasi pengajar dapat menggunakan Twitter sebagai papan buletin bagi kelasnya, membiarkan peserta didik tahu tentang berita terakhir seperti kelas dibatalkan, selain itu pengajar juga dapat menjaga peserta didik untuk tetap mengikuti kelas (menggunakan  hashtags  pada Twitter), selain itu twitter  dapat menjaga keterlibatan peserta didik dalam kuliah umum, sebagai contoh apabila di kelas kuliah umum di mana partisipasi peserta didik dapat mengintimidasi, Twitter dapat memudahkan bagi peserta didik untuk terlibat dan  mendiskusikan didalam kelas.
            Kelebihan:
a.       Bisa mendapat informasi lebih cepat.
b.      Bisa berkomunikasi dengan dosen dengan cepat.
Kelemahan:
a.       Tidak semua orang tau cara menggunakan twitter.
b.      Menggunakan twitter cepat bosan.
Contoh Penerapan dalam pembelajaran SD/SMP
Saya belum melihat penerapan twitter dalam pembelajaran anak SD/SMP karena penggunaan twitter yang rumit belum tentu anak SD/SMP sudah mengerti. Mahasiswa saja jarang menggunakan twitter dalam pembelajaran.
5.     Blog
Blog adalah website yang mengandung konten personal dalam bentuk artikel, video, foto, dan link ke website lain yang disediakan oleh penulis blog.
Para guru dan siswa dapat memanfaatkan tulisan-tulisan dan fitur-fitur yang terdapat dalam blog sebagai media pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Dari sini guru dan siswa juga dapat memanfaatkan blog untuk mencari referensi media pembelajaran yang tepat. 
            Kelebihan :
a.       Mudah ditemukan dimesin pencari Google.
b.      Banyak sumber referensi yang tersedia.
c.       Biaya murah.
Kekurangan :
a.       Banyak penulis yang plagiasi.
b.      Sumber penulis yang kadang tidak sesuai.
c.       Tampilannya sederhana dan biasa saja.
Contoh Penerapan Pembelajaran SD/SMP
Untuk anak SMP mereka sudah diberi tugas untuk membuat tugas yang nanti di unggah di blog mereka masing-masing bertujuan untuk mengajarkan mereka menulis blog yang baik dan benar.

Menurut saya pemanfaatan media sosial dalam pembelajaran mempemudah guru dalam pemberian materi dan pengumpulan tugas ketika terpaksa tidak bisa tatap muka di dalam kelas. Tapi menurut saya lebih mudah kalau memberi penjelasan materi secara langsung dari pada melalui media sosial itu akan membuat salah pengertian dari siswa itu sendiri.

 Kebermanfaatan Perkuliahan Daring:
Menurut saya perkuliahan daring yang dilakukan sekarang ini ada kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Kelebihannya membuat dosen lebih variasi dalam pola membei materi kepada mahasiswa yang biasanya hanya tatap muka dan metode ceramah tapi sekarang dengan media daring ini lebih membuat mahasiswa kreatif juga dan mengerti cara kuliah online seperti apa. Kelemahannya banyak sekali dosen yang hanya memberikan tugas tanpa memberi pendalaman materi kepada mahasiswa sehingga mahasiswa hanya megerjakan tugas dan selesai begitu saja, sebenarnya banyak dosen yang memberi penguatan materi ketika tatap muka nanti tapi mahasiswa hanya takut kalau kesempatan bertemu tidak ada.
Pembelajaran daring untuk anak SD menurut sudut pandang guru SD itu sebenarnya sangat bermanfaat untuk siswa karena ada variasi dalam pemberian materi selain secara tatap muka. Tapi itu hanya efektif untuk anak kelas atas karena takutnya kalau anak kelas bawah mereka tidak paham dan belum tentu orang tua mereka bisa mengaplikasikan fitur yang di pakai oleh guru.
Kalau menurut saya sebagai mahasiswa, pembelajaran lebih efektif dilakukan dengan cara tatap muka karena pengajar lebih mudah mengontrol peserta didik dengan mudah. Kalau secara online tidak bisa dikontrol secara langsung. Tapi kalau dengan media online sekali-kali digunakan juga perlu karena untuk menjadi variasi pemberian materi.


Sumber:
Pengertian WhatsApp Beserta Sejarah, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp,https://www.nesabamedia.com/pengertian-whatsapp/, Diakses tanggal 30 Maret 2020, Jam 21:50.

Pengertian Youtube, Fitur, Manfaat, Kekurangan dan Kelebihannya, https://www.galerinfo.com/pengertian-youtube/, Diakses tanggal 30 Maret 2020, Jam 22:00.

Pengertian, Fungsi, Keuntungan Dan Kerugian Facebook, https://indovisualprojector.wordpress.com/2013/11/18/pengertian-fungsi-keuntungan-dan-kerugian-facebook/, diakses tanggal 30 Maret 2020, Jam 22:02.
Kelebihan dan Kekurangan Dari Twitter,http://www.tweetfind.com/kelebihan-dan-kekurangan-dari-twitter/, Diakses tanggal 30 Maret 2020, Jam 22:07.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komunikasi Dalam Kelas Online: (Blog atau Chat)

Komunikasi Dalam Kelas Online: (Blog atau Chat) A.    Sejarah Mengenai Lahirnya Komunikasi dalam Kelas Online Berdasarkan sejar...